Pada biasanya, pola makan yang tidak baik serta kurangnya aktivitas fisik merupakan kedua faktor utama yang bisa membuat badan menjadi gemuk. Sistem metobolisme pada tubuh dan genetik juga memiliki peran untuk tentukan seberapa cepat tubuh seseorang menjadi gemuk. Akan tetapi, beberapa kondisi medis tertentu dan penyakit juga dapat membuat badan seseoarang menjadi gemuk tanpa kalian sadari. Berikut ini merupakan beberapa kondisi dan penyakit yang bisa membuat badan menjadi gemuk dengan cepat:

1. Depresi

Depresi dan stres dapat menjadi salah satu penyebab yang bisa membuat badan menjadi gemuk. Gelonjak dari emosi yang negatif dapat timbulkan kondisi tersbtu bisa memicu kalia untuk konsumsi makanan dengan berlebihan. Hal tersebut akan saja bisa membahayakan sebab orang yang sedang alami stres umumnya kurang menyadari bahwa banyak makanan yang sudah dia konsumsi serta dapat tingkatkan berat badan dengan tiba-tiba.

Makanan yang dimakan ketika sedang emotional eating umumnya akan mempunyai kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi. Seperti hamburger, pizza, kentang goreng, makanan ringan, coklat, biskuit, eskrim, dan banyak lagi. Bila kalian sering jadikan makanan sebagai salaah satu pelarian untuk bisa lepaskan rasa stres yang menghampiri, mungkin kalian bisa makan lebih dari tiga kali pada satu hari dengan porsi yang sangat besar. Hal tersebutlah yang bisa sebabkan tingkatnya berat badan, hingga menjadi gemuk bila hal tersebut berlangsung lama.

2. Cushing syndrome

Cushing syndrome atau yang dinamakan dengan hiperkortisolisme merupakan penyakit yang dikarenkan berlebihannya hormon kortisol. Hal tersebut bisa sebabkan berbagi macam gangguan di sistem tubuh dengan keseluruhannya, seperti respon imun yang alami penurunan atau kadar gula dalam darah yang tidak seimbang. Cukup sering sindrom Cushing bisa membuat tambahnya berat badan tanpa kita sadari. Terutama pada bagian pinggang, leher, punggung bagian atas, dan area wajah.

3. Prolaktinoma

Prolaktinoma merupakan dimana kodnisi yang telah ditandai dengan adanya pertumbuhan tumor jinak atau nonkanker di kelenjar hipofisis pada otak. Sehingga tubuh akan produksi hormon prolaktin dengan berlebihan. Walaupun prolaktinoma tidak bisa sebabkan kematian, akan tetapi penyakit tersebut bisa sebabkan gangguan pada penglihatan kalian, sebabkan masalah pada kesuburan, serta dapat tingkatkan berat badan.