Sementara striker merayakan gol, tidak ada yang merayakan tantangan bertahan atau memblokir seperti Giorgio Chiellini.

Bahwa pengabdian pada seni membela telah membuktikan kunci bagi klub Italia Juventus memenangkan tujuh gelar Serie A berturut-turut antara 2012 dan 2018.

Tapi dia bukan hanya seorang mahasiswa disiplin pertahanan, pemain berusia 34 tahun yang baru saja lulus dari Universitas Turin dengan gelar Master di bidang Administrasi Bisnis.

“Kami harus mendorong lebih banyak pemain sepak bola untuk belajar dan meningkatkan jumlah dengan gelar universitas. Karena hidup itu panjang,” kata Chiellini kepada persatuan pemain dunia FIFPro.

“Hidup akan menjadi indah setelah akhir karir pemain. Tetapi Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu atau ada risiko Anda akan mencapai usia 35 tahun dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan hidup Anda. Hanya beberapa pemain berhasil menemukan pekerjaan di sepakbola. ”

Selain itu, 45% pemain berpenghasilan kurang dari $ 1.000 per bulan selama karir mereka, menurut laporan FIFPro pada tahun 2016.

Kombinasi itu berarti banyak mantan pemain yang tersisa berjuang untuk membayar tagihan tanpa pendidikan atau pengalaman kerja yang relevan untuk jatuh kembali.

“Ada juga risiko depresi dan ada banyak mantan pemain dengan masalah keuangan karena mereka belum memikirkan apa yang akan mereka lakukan, mereka belum membuka pikiran mereka dengan belajar,” kata Chiellini.

“Kamu kemudian memiliki sisa hidupmu di depanmu dan hanya bisa bermain sepakbola saja tidak cukup.”