Semua orang pasti mempunyai setidaknya satu orang terdekat. Karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial, makanya setiap orang pasti membutuhkan orang lain untuk berbagi cerita dan bersosialisasi. Apa kalian pernah melihat orang yang telah bersahabat sampai berpuluh-puluh tahun? Pasti kalian bertanya-tanya bagaimana caranya mereka sampai bisa bersahabat sampai selama itu. Setiap orang mempunyai rahasia dalam menjalin persahabatan yang lama. Menurut penelitian, seseorang akan dikatakan sahabat sejati, jika kalian telah berteman dekat setidaknya lebih dari 7 tahun. Itu adalah ukuran waktu yang dikatakan setidaknya cukup untuk dua orang atau lebih saling memahami satu sama lain.

Memilih Teman Yang Bisa Membawa Dampak Positif

Sebelum kalian memutuskan mencari sahabat, atau menjadikan seseorang sebagai sahabat, lihatlah apa dia memberikan dampak positif bagimu. Teman yang baik adalah teman yang tidak ragu untuk menegurmu jika kalian salah. Ada yang bilang persahabatan adalah jika kalian nakal bareng. Semua kembali lagi pada pribadi masing-masing bagaiman kalian menanggapi pernyataan seperti ini. Tapi pada dasarnya, kunci dari persahabatan yang awet adalah sahabatmu akan memberikan dampak positif.

Tanda Dia Adalah Sahabatmu

Kadang ada beberapa orang kadang bingung kapan memutuskan atau mengatakan orang ini adalah sahabatnya, karena pada dasarnya, 2 orang atau lebih akan dikatakan sahabat saat mereka sering menghabiskan waktu bersama, melakukan kegiatan bersama. Sebenarnya tanda dia adalah sahabatmu bukan dari berapa lama kalian kenal, berapa lama kalian berteman. Tapi sedalam apa dia kenal dirimu dan mengerti dirimu. Itulah sahabat. Ada orang yang baru muncul di kehidupan kita, bisa secara instan kita katakan sahabat, karena rasanya dia mengerti dan tahu betul seluk beluk kita, kurang lebih kita.

40 Kata-Kata Bijak Persahabatan, Menyentuh dan Bikin Kompak - Ragam Bola.com

Tips Menjaga Persahabatan Agar Awet
Banyak cara dalam menjaga hubungan persahabatan agar awet. Menjaga persahabatan tetap awet bukan berarti kalian harus bertemu setiap hari, atau memiliki selera yang sama, atau harus berkomunikasi setiap hari. Sahabat sejati dia akan tetap mengingat kalian mau sejauh apa pun jarak kalian. Tetap menjadi orang yang sama meskipun jarang bertemu. Jagalah perasaan sahabat kalian, hormati privasinya, bersahabat bukan berarti apapun tentang dia kalian harus tahu, biarkan berjalan layaknya air. Jaga nama baik sahabatmu dimanapun dengan siapapun. Dan jangan pernah takut menegur sahabatmu saat dia melakukan kesalahan.